Minggu, 12 Maret 2023

Ini lho bahaya pacaran yang harus kita ketahui

 Para pembaca yang baik hati. 

Kali ini saya akan menyampaikan tulisan tentang bahaya pacaran. 

Pacaran atau hubungan asmara adalah hal yang umum terjadi di kalangan remaja dan dewasa muda. Namun, ternyata pacaran juga memiliki bahaya yang perlu diwaspadai. Mari kita bahas lebih lanjut tentang bahaya pacaran dan mengapa kita perlu memahaminya.

Pertama, pacaran itu berbahaya karena kita terlalu fokus pada pacar kita.

Saat pacaran, kita cenderung terlalu fokus pada pasangan kita. Hal ini bisa membuat kita mengabaikan tanggung jawab kita di bidang lain seperti keluarga, pendidikan, pekerjaan, atau bahkan diri sendiri. 

Kedua, pacaran membuat kita ketergantungan secara emosional.

Kita bisa menjadi sangat tergantung pada pacar kita secara emosional saat pacaran. Hal ini bisa membuat kita merasa tidak lengkap atau kehilangan diri sendiri jika pacar tidak ada di sisi kita.

 Ketergantungan emosional seperti ini bisa membuat kita mudah tersakiti jika hubungan berakhir atau tidak sesuai harapan. Bahasa gaul nya adalah bucin. Kita jadi bucin alias budak cinta. Kita jadi diperbudak oleh hubungan cinta yang salah. 

Ketiga, pacaran membuat kita terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dan berdosa. 

Pacaran bisa membuat kita terjebak dalam dosa zina dan juga hubungan yang tidak sehat seperti hubungan kekerasan, pelecehan, manipulatif, dan hal lain yang merugikan kita secara fisik, mental, emosional, dan finansial. Kita harus bisa mengenali tanda-tanda hubungan yang tidak sehat dan berani mengakhiri hubungan tersebut karena supaya tidak tenggelam pada dosa yang lebih dalam. 

Keempat, pacaran membuat pelakunya bisa hamil di luar nikah dan terkena penyakit seksual.

Pacaran juga bisa berisiko pada kesehatan kita. Risiko kehamilan di luar nikah dan  penularan penyakit seksual seperti HIV/AIDS atau raja singa bisa terjadi jika kita tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Kita harus selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan diri kita. 

Kelima, pacaran membuat kita mengalami stress dan tekanan. Pacaran bisa menjadi sumber stres dan tekanan, terutama jika kita memasang harapan yang terlalu tinggi pada pasangan. Padahal yang namanya pacar itu belum tentu dia menjadi suami kita atau istri kita. 

Kesimpulannya, pacaran  memiliki banyak bahaya yang perlu diwaspadai.  Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bahaya-bahaya pacaran ini dan juga kita harus lebih banyak ibadah kepada Allah agar diberikan jodoh yang baik-baik demi kebaikan hidup kita, agama kita, dan masa depan kita. 

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 


Ditulis oleh : Rian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bab 10

 Bab 10 **Ketidakjelasan Sistem Kerja di Pesantren: Hambatan Menuju Kemajuan** Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, memi...